Rabu, 08 November 2017

PENGERTIAN PERPUSTAKAAN DAN TUJUANNYA


A.   HAKIKAT PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Istilah “perpustakaan”  berasal dari kata dasar “pustaka”. Pustaka dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia berarti kitab atau buku. Dalam bahasa Inggris, dikenal istilah library yang berasal dari bahasa Latin, yaitu liber atau libri yang berarti buku. Selain itu, dikenal juga dalam bahasa asing lainnya, yaitu biblia (Yunani) yang berarti buku, kitab sehingga timbul kata bibliotheek (Belanda), bibliothek (Jerman), bibliotheque (Perancis), dan bibliotheca (Spanyol/Portugis) (Sulistyo-Basuki, 1991).
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, pada Bab I pasal 1, disebutkan bahwa yang dimaksud dengan perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka.
Apabila merujuk pada glossary, perpustakaan dapat meliputoi hal berikut ini:
a.       Koleksi buku-buku dan bahan bacaan lainnya yang dipelihara untuk membaca, belajar, dan konsultasi.
b.      Suatu tempat, gedung, atau ruang yang ditat untuk memelihara dan menggunakan koleksi buku-buku dan lain-lain.
c.       Koleksi film, foto, dan bahan pustaka bukan buku, pita, dan disc, baik dari bahan plastik maupun logam, pita komputer, disket, serta program-program. Semuanya sebagaimana bahan tercetak dan dokumen manuskrip dapat disediakan dalam suatu bagian dari suatu perpustakaan yang besar. Mungkin, suatu perpustakaan hanya membatasi satu jenis material.
d.      (Program komputer) seperangkat rutinitas yang tersimpan dalam suatu file. Secara lebih umum, diterapkan pada beberapa koleksi software aplikasi yang dikumpulkan atau terdiri atas berbagai koleksi file data untuk tujuan tertentu (Harrod’s Library Glossary edisi ke-9, 2000).
Perpustakaan sekolah dapat diartikan sebagai perpustakaan yang berada pada lembaga pendidikan sekolah, yang merupakan bagian integral dari sekolah yang bersangkutan dan merupakan sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan sekolah yang bersangkutan. Pengertian perpustakaan sekolah berdasarkan Dictionary for Library and Information science adalah suatu perpustakaan di sekolah dasar dan lanjutan, baik milik pemerintah maupun swasta, yang memberikan jasa layanan untuk memenuhi kebutuhan informasi para siswa dan kebutuhan pemenuhan kurikulum dari para guru dan karyawan sekolah tersebut dengan mengelola koleksi perpustakaan berupa buku-buku, terbitan berseri, dan media lainnya yang cocok untuk tingkatan sekolah tersebut (school library is a library in publik or private elementary or secondary school that serves the information needs of its students and the curriculum needs of its teachers and staff, usually managed by a school library collection usually contains books, periodicals and educational media suitable for the grade level served) (Reitz, 2004).[1]

B.   TUJUAN PERPUSTAKAAN

1. Tujuan Umum
Penyelenggaraan perpustakaan sekolah bukan hanya untuk mengumpulkan dan menyimpan bahan-bahan pustaka, tetapi dengan adanya penyelenggaraan perpustakaan sekolah di harapkan dapat membantu murid-murid dan guru menyelesaikan tugas-tugas dalam proses belajar mengajar. Oleh sebab itu segala bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan sekolah harus dapat menunjang proses belajar mengajar, agar dapat menunjang proses belajar mengajar maka dalam pengadaan buku pustaka hendaknya mempertimbangkan kurikulum sekolah. Selera para pembaca yang dalam hal ini adalah murid-murid.
2. Tujuan Khusus
a.       Mengembangkan minat, kemampuan dan kebiasaan membackhususnya sertamendayagunakan budaya tulisan dalam sektor kehidupan.
b.      Mengembangkan minat untuk mencari dan mengelolah serta memanfaatkan informasi.
c.       Mendidik murid agar dapat memelihara dan memanfaatkan bahan bacaan secara tepat dan berhasil guna.
d.      Meletakkan dasar-dasar kearah belajar mandiri.
e.       Memupuk minat dan bakat.
f.       Mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalahmasalah yang dihadapidalam kehidupan atas tanggung jawab dan usaha sendiri. Dengan demikian jelas bahwa  tujuan diselenggarakan perpustakan bukan sekedar menyimpan dan mengumpulkan bahanpustaka akan tetapi perpustakaan diharapkan bagi siswa mampu mengembangkan daya pikirnya dan hasil membaca yang diperoleh dari bahan pustaka yang ada di perpustakaan.


[1]. Opong Sumiati, dkk. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Tangerang Selatan:Universitas Terbuka, 2013. Hal. 1.3-1.4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar